Saturday, September 8, 2012

KEMENANGAN


Kemenangan bukanlah hanya kita berhasil mengalahkan lawan di suatu pertandingan.
Dan, bukan hanya ketika kita berhasil mencapai prestasi terbaik.
Bahkan, bukan hanya ketika kita berhasil mendapatkan semua yang kita inginkan dalam hidup ini.
Tetapi, kemenangan adalah saat dimana kita dapat melawan suatu kegagalan.
Saat dimana kita dapat mengatasi musibah.
Saat dimana kita dapat bangkit dari suatu keadaan yang menyedihkan.
Dan, saat dimana kita merasa sangat terpuruk namun kita mampu berjuang menghancurkan semua cobaan itu.
Kemenangan adalah saat dimana kita dapat menjadikan itu semua sebagai pertanda betapa sayangnya Tuhan kepada kita.
Saat dimana kita menyadari betapa kita dapat belajar banyak dari semua kegagalan yang kita alami.
Dan, kemenangan adalah saat dimana kita melangkah begitu mantap dan yakin bahwa kita begitu hebat untuk sekedar melawan suatu kegagalan kecil.
Saat dimana kita dapat mengalahkan diri kita sendiri.
Karena kegagalanlah yang membuat kita sadar dimana kita berada...

Tiap hari kita menghadapi duel kehidupan. Jadilah pemenang tiap harinya!



Saat membaca artikel tersebut di sebuah renungan harian pada tanggal 2 Maret pas waktu ulang tahun saya,  4 tahun yang lalu. Saya sudah 2x membawakan renungan tersebut di SMP kelas VIII dan SMA kelas XII. Waktu SMP saya membacakan artikel tersebut untuk memotivasi kakak kelas saya yang akan menghadapi UAN. Dan saya membacakannya kembali untuk memotivasi teman-teman seangkatan saya yang akan menghadapi UN dan SNMPTN 2012.
Dan saya baru tau makna sesungguhnya dari artikel itu beberapa bulan lalu.
Kini saya benar-benar mengerti apa arti dari MENANG yang sesungguhnya :)

No comments:

Post a Comment